Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Cara Melempar Dan Menangkap Bola Dalam Permainan Rounders

Pertanyaan:

Jelaskan Cara Melempar Dan Menangkap Bola Dalam Permainan Rounders

Jawaban:

Teknik melempar bola rounders dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. lemparan melambung, yaitu lemparan yang dimulai dari ayunan belakang atas kepala dengan arah bola ke atas jauh. lemparan melambung digunakan untuk melakukan operan yang jaraknya jauh. cara melakukannya adalah sebagai berikut: Salah satu kaki di depan (biasanya kaki kiri), tangan kanan memegang bola ditarik ke belakang atas kepala, tangan kiri rileks berada di depan dada. posisi badan agak condong ke belakang. Selanjutnya bola dilempar dengan kuat ke arah atas depan sehingga laju bola membentuk parabola.
  2. Lemparan bola rounders mendatar yaitu lemparan bola yang arahnya horizontal atau mendatar setinggi dada. Cara melakukan lemparan mendatar dimulai dengan satu kaki ke depan (biasanya kaki kiri), tangan kanan memegang bola setingggi dada kemudian tarik tarik ke samping badan, sedangkan tangan kiri rilek di depan dada. Lemparakan bola dengan cara melakukan ayunan lurus ke depan (horizontal), sikap akhir kaki belakang maju selangkah ke depan.
  3. Lemparan Menyusur Tanah yaitu lemparan bola rounders yang arah bolanya menggelinding atau menyusur di tanah. Cara melakukannya posisi awal sama seperti akan melakukan lemparan mendatar, tetapi ayunan bukan mendatar melainkan ke arah bawah, hal ini akan menjadikan bola menyusur di lantai,

 Teknik Menangkap Bola juga di bedakan menjadi 3 macam cara yaitu:

  1. Teknik Menangkap Bola Melambung yaitu jika arah bola yang datang arahnya dari atas. Untuk menangkap bola seperti ini posisi kaki depan belakang, pandangan ke arah datangnya bola, kedua tangan membentuk seperti corong, selanjutnya bergerak ke arah datangnya bola. bola ditangkap menggunakan kedua tangan (telapak tangan) yang membentuk corong, pada saat bola sampai di tangan segera menutup kedua tangan dan melakukan gerakan lanjutan menarik tangan sedikit ke arah dada agar tidak terjadi benturan yang keras antara bola dengan tangan.
  2. Teknik Menangkap Bola Mendatar. Untuk cara menangkap bola mendatar prinsipnya hampir sama dengan menangkap bola melambung, perbedaannya posisi telapak tangan menghadap ke depan, pada saat perkenanan bola langsung menutup telapak tangan dan menarik sedikit ke arah dada agar benturan dengan bola dapat dikurangi.
  3. Teknik Menangkap Bola menyusur di lantai yaitu dengan cara jongkok satu kaki di depan, arah pandangan mata ke arah datangnya bola, kedua telapak tangan  membuka dengan posisi di atas tanah, jika bola sampai di tepak tangan segera menutupnya dan siap untuk melakukan gerakan berikutnya.

Pelajaran: Penjaskes
Tingkat: 

Pertanyaan lainnya: Jelaskan cara melakukan lempar cakram

Jelaskan Cara Melempar Dan Menangkap Bola Dalam Permainan Rounders

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian permainan rounders?
Rounders adalah permainan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti yaitu melempar, menangkap, dan memukul ditambah dengan ketrampilan mengetik dan menghindari sentuhan bola.
Jelaskan peraturan permainan rounders
- Permainan dimainkan oleh 2 regu, tiap regu berjumlah 9-12 orang
- Lama permainan ditentukan oleh “inning” (satu kali menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu penjaga)
- Pergantian tempat
- Terjadi 6x mati
- Terjadi 5x bola tangkap
Sebutkan teknik dasar permainan rounders
- Teknik Memukul
- Teknik Berlari
- Teknik Menangkap Bola
- Teknik Memegang Bola

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Cara Melempar Dan Menangkap Bola Dalam Permainan Rounders" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Cara Melempar Dan Menangkap Bola Dalam Permainan Rounders"