Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola

Pertanyaan:

Jelaskan Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola

Jawaban:

Formasi yang paling sering digunakan adalah:

  • 4-3-3, formasi ini bisa dibilang cukup fleksibel untuk dimodifikasi menjadi formasi lain seperti 4-5-1, 3-4-3, 4-3-1-2 hingga 4-6-0 sesuai kebutuhan. Popularitas formasi ini dipicu oleh sukses besar Pep Guardiola bersama Barcelona di tahun 2009 dan timnas Spanyol yang mendominasi pada tahun 2008-2012. Tim-tim yang menggunakan pola tersebut adalah Barcelona, Manchester City, Liverpool, Real Madrid, Bayern Munchen, timnas Prancis, Belanda, Jerman dan Inggris.
  • 3-5-2, formasi ini terinspirasi oleh kesuksesan Juventus era Antonio Conte yang menjadi awal dominasi tim Zebra tersebut di Italia hingga kini. Formasi ini bisa dimodifikasi menjadi 3-4-3 atau 3-4-2-1. Tim-tim yang menggunakan formasi tersebut adalah Lazio, Inter Milan, Chelsea, Sheffield United, Borussia Dortmund, timnas Italia era Conte (2016).
  • 4-4-2, formasi klasik ini kembali populer sejak pudar di akhir era 90an berkat kesuksesan Atletico Madrid era Diego Simeone yang berhasil menjuarai Liga Eropa 2 x (2012, 2018), menghentikan dominasi Barcelona dan Real Madrid di Liga Spanyol (2014) dan dua kali menjadi finalis Liga Champions (2014 dan 2016). Formasi yang cocok untul tim yang mengandalkan permainan fisik dan determinasi tinggi ini bisa diubah menjadi 4-2-2-2 atau 4-3-1-2. Tim-tim yang menggunakan formasi ini adalah Atletico Madrid, sejumlah tim-tim klasik di Liga Inggris seperti Burnley, Bournemouth dan timnas Portugal saat menjuarai Piala Eropa 2016.

Pelajaran: Penjaskes
Tingkat:

Pertanyaan lainnya: Apa Yang Dimaksud Dengan Throw In Dalam Permainan Sepak Bola

Jelaskan Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:


Jelaskan pengertian foul dalam permainan sepak bola?

foul : pelanggaran, istilah untuk cara bermain yang tidak diperbolehkan dalam aturan pertandingan sepak bola


Jelaskan pengertian free kick dalam permainan sepak bola?

free kick : tendangan bebas, istilah untuk tendangan yang diberikan wasit dari adanya pelanggaran di luar kotak penalti


Jelaskan pengertian Gelandang dalam permainan sepak bola?

Gelandang : midfielder/pemain tengah, istilah untuk posisi pemain sepak bola antara bek dan penyerang


Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola"