Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Tiga Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola

Pertanyaan:

Sebutkan Tiga Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola

Jawaban:

Tiga formasi yang paling sering digunakan adalah:

  1. 4-3-3, formasi ini bisa dibilang cukup fleksibel untuk dimodifikasi menjadi formasi lain seperti 4-5-1, 3-4-3, 4-3-1-2 hingga 4-6-0 sesuai kebutuhan. Popularitas formasi ini dipicu oleh sukses besar Pep Guardiola bersama Barcelona di tahun 2009 dan timnas Spanyol yang mendominasi pada tahun 2008-2012. Tim-tim yang menggunakan pola tersebut adalah Barcelona, Manchester City, Liverpool, Real Madrid, Bayern Munchen, timnas Prancis, Belanda, Jerman dan Inggris.
  2. 3-5-2, formasi ini terinspirasi oleh kesuksesan Juventus era Antonio Conte yang menjadi awal dominasi tim Zebra tersebut di Italia hingga kini. Formasi ini bisa dimodifikasi menjadi 3-4-3 atau 3-4-2-1. Tim-tim yang menggunakan formasi tersebut adalah Lazio, Inter Milan, Chelsea, Sheffield United, Borussia Dortmund, timnas Italia era Conte (2016).
  3. 4-4-2, formasi klasik ini kembali populer sejak pudar di akhir era 90an berkat kesuksesan Atletico Madrid era Diego Simeone yang berhasil menjuarai Liga Eropa 2 x (2012, 2018), menghentikan dominasi Barcelona dan Real Madrid di Liga Spanyol (2014) dan dua kali menjadi finalis Liga Champions (2014 dan 2016). Formasi yang cocok untul tim yang mengandalkan permainan fisik dan determinasi tinggi ini bisa diubah menjadi 4-2-2-2 atau 4-3-1-2. Tim-tim yang menggunakan formasi ini adalah Atletico Madrid, sejumlah tim-tim klasik di Liga Inggris seperti Burnley, Bournemouth dan timnas Portugal saat menjuarai Piala Eropa 2016.

Pelajaran: Penjaskes
Tingkat:

Pertanyaan lainnya: Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Sepak Bola

Sebutkan Tiga Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:


Jelaskan pengertian injury time dalam permainan sepak bola?

injury time : Additional time/tambahan waktu, istilah untuk tambahan menit sebelum sebuah babak berakhir


Jelaskan pengertian intercept dalam permainan sepak bola?

intercept : istilah untuk perebutan atau penghadangan bola dari penguasaan pemain lawan


Jelaskan pengertian international break dalam permainan sepak bola?

international break : Jeda internasional, istilah untuk suatu masa penyelenggaraan sejumlah pertandingan internasional resmi dalam kalender FIFA


Itulah jawaban dari pertanyaan "Sebutkan Tiga Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Sebutkan Tiga Formasi Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Sepak Bola"