Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Teknik Smash Dalam Permainan Bola Voli

Pertanyaan:

Jelaskan Teknik Smash Dalam Permainan Bola Voli

Jawaban:

Teknik dasar smash terdiri dari 4 tahap, yakni:

  1. Awalan.
  2. Tolakan.
  3. Pukulan.
  4. Pendaratan.

Pembahasan:

1. Awalan.

Awalan untuk melakukan pukulan smash dilakukan dengan berdiri sekitar 2-4 meter di belakang net. Kemudian lakukan beberapa langkah lebar untuk menuju arah bola.

2. Tolakan.

Tolakan untuk melakukan pukulan smash dilkaukan dengan kedua kaki secara bersamaan. Tolakan dilakukan sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil lompatan yang maksimal. Ketika melakukan tolakan, tangan pemukul diayunkan ke belakang kepala.

3. Pukulan.

Setelah melakukan tolakan, ketika bola sudah dalam jangkauan maka ayunkan tangan pemukul sekuat tenaga ke arah bola. Gerakan pukulan disesuaikan dengan jenis smash yang dilakukan dengan posisi telapak tangan terbuka.

4. Pendaratan.

Pendaratan setelah melakukan pukulan smash dilakukan dengan kedua kaki secara bersamaan. Ketika mendarata posisi badan mengeper dan lutut sedikit ditekuk.

Pelajaran: Penjaskes
Tingkat:

Pertanyaan lainnya:

Jelaskan Teknik Smash Dalam Permainan Bola Voli

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:


7. Jelaskan mengenai sarana dan prasaran permainan bola voli!

a. Lapangan permainan

Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 meter.

b. Bola

Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

c. Net

Ukuran tinggi net putra 2,43 meter dan untuk net putri 2,24 meter


8. Deskripsikan dengan singkat tentang sejarah terciptanya bola voli!

Permainan bola voli diperkenalkan pertama kali oleh William G. Morgan dengan nama Mintonette di Massachusetts (Amerika Serikat). Lalu tahun 1896, Morgan melakukan demonstrasi pertandingan bola voli. Ketika itu juga muncul sebuah usulan untuk mengubah nama Mintonettte menjadi Volley Ball. Karena pada permainan Volley Ball gerakan utamanya yaitu memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah (Volley).


9. Bagaimana cara melakukan servis bawah yang benar?

a. Pemain berdiri di luar garis belakang lapangan

b. Lalu bola dilambungkan menggunakan tangan kiri

c. Ketika kira-kira bola setinggi pinggang

d. Bola dipukul dengan tangan yang ditegangkan untuk mendapat pantulan yang sempurna.


Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Teknik Smash Dalam Permainan Bola Voli" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Teknik Smash Dalam Permainan Bola Voli"