Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Sejarah Perkembangan Bola Voli Di Indonesia

Pertanyaan:

Jelaskan Sejarah Perkembangan Bola Voli Di Indonesia

Jawaban:

Perkembangan bola voli di Indonesia, dalam sejarahnya tak lepas dari bangsa Belanda. Di awal abad ke 20, tepatnya di tahun 1928 lah, olahraga ini pertama kali masuk ke Indonesia. Di masa penjajahan kolonial ini, bola voli masuk dalam bagian pelajaran pendidikan jasmani di sekolah-sekolah saat itu yang masih dibawah naungan kerajaan Belanda. Olahraga yang awalnya hanya dimainkan oleh para bangsawan ini kian populer dan berkembang pesat setelah dikenal dan dimainkan tentara Belanda di sela-sela waktu luang mereka.

Sementara organisasi bola voli Indonesia, PBVSI baru didirikan sekitar 10 tahun pasca kemerdekaan Indonesia. Berikut ini adalah sejumlah peristiwa penting menuju pembentukan PBVSI  , yaitu:

  • 1953, usai PON diadakan, dewan eksekutif Ikatan Perhimpunan Volleyball Surabaya (IPVOS) mendiskusikan pembentukan PBVSI.
  • 1954, pertemuan IPVOS diadakan yang mendorong ide pembentukan PBVSI dan mengirimkan salah satu wakilnya untuk ide tersebut ke Komite Olimpiade Indonesia di Jakarta
  • 1955, PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) didirikan pada tanggal 22 Januari di Jakarta

Sejak itu, olahraga tersebut berkembang pesat di Indonesia dan dimainkan di sejumlah ajang dunia seperti Asian Games 1962 dan Ganefo 1 setahun berikutnya. Kini muncul kompetisi bola voli profesional di Indonesia bertajuk Pro Liga.

Pelajaran: Penjaskes
Tingkat:

Pertanyaan lainnya:

Jelaskan Sejarah Perkembangan Bola Voli Di Indonesia

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:


Dalam permainan bola voli tiga orang pemain bertugas untuk memblok, satu orang bertugas memeprtahankan kawasan tengah, dan dua orang bertugas untuk mempertahankan kawasan belakang, ialah pertahanan sistem ...

A. 3:1:2

B. 3:2:1

C. 3:0:3

D. 1:3:2

E. 2:2:3


Dalam permainan bola voli terdapat pola pertahanan servis dengan sistem 1:5. Lima disini berarti pemain ...

A. Smasher

B. Set-uper

C. Universaler

D. Cadangan

E. Peserta servis


Berikut ini ialah pola pertahanan terhadap servis dalam permainan bola voli ...

A. 2:4

B. 0:6

C. 1:5

D. 3:2

E. A, B, dan C benar


Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Sejarah Perkembangan Bola Voli Di Indonesia" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Sejarah Perkembangan Bola Voli Di Indonesia"