Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Norma?

Apa yang dimaksud dengan norma?

1. n aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima: setiap warga masyarakat harus menaati -- yang berlaku. (KBBI) 2. n aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu. (KBBI)

Apa pengertian norma menurut Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamn?

Norma menurutnya ialah standar dari perilaku yang lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

Apa pengertian norma menurut Robert M.Z. Lawang?

Norma ialah patokan perilaku dalam suatu kelompok tertentu.

Apa pengertian norma menurut Marvin E. Shaw?

Norma ialah peraturan segala tingkah laku manusia yang ditegakkan oleh anggota masyarakat dan mengekalkannya keselarasan tingah laku yang seharusnya.

Apa pengertian norma menurut AA. Nurdiaman?

Norma ialah suatu bentuk tatanan hidup yang berisikan aturan-aturan dalam bergaul di masyarakat.

Apa pengertian norma menurut Soerjono Soekanto?

Norma adalah sebuah perangkat di mana hal itu dibuat agar hubungan di dalam suatu masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Apa pengertian norma menurut E. Utrecht?

Norma ialah segala himpunan petunjuk hidup yang mengatur berbagai tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diharuskan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika melanggar maka akan adanya tindakan dari pemerintah.

Apa pengertian norma menurut Bellebaum?

Norma adalah sebuah alat untuk mengatur setiap individu dalam suatu masyarakat agar bertindak dan berperilaku sesuai dengan sikap dan keyakinan tertentu yang berlaku di masyarakat tersebut.

Apa pengertian norma menurut Antony Giddens?

Norma menurutnya ialah sebuah prinsip maupun aturan yang jelas, nyata atau konkret yang harus diperhatikan oleh setiap masyarakat.

Apa pengertian norma menurut Broom Dan Selznic?

Norma ialah suatu rancangan yang ideal dari perilaku manusia yang memberikan batasan bagi suatu anggota masyarakatnya untuk mencapai tujuan hidup yang sejahtera.

Apa pengertian norma menurut John J. Macionis?

Norma ialah segala aturan dan harapan masyarakat yang memandu segala perilaku anggota masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan norma agama?

norma agama menjadi pedoman hidup manusia yang sumbernya dari Tuhan Yang Maha Esa. Isinya itu berupa perintah, ajaran, dan larangan.

Apa yang dimaksud dengan norma kesusilaan?

Norma kesusilaan bersumber dari hati nurani manusia. Norma tersebut mendorong manusia untuk berbuat baik dan mencegah manusia untuk melakukan perbuatan buruk.

Apa yang dimaksud dengan norma kesopanan?

Norma kesopanan sumbernya berasal dari pergaulan manusia. Norma tersebut didasari oleh beberapa hal, seperti kebiasaan, kepatutan, kepantasan yang berlaku dalam masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan norma hukum?

Pada norma hukum sumber asalnya dari negara atau pemerintah dalam undang-undang. Norma hukum memiliki sifat memaksa untuk melindungi kepentingan dalam pergaulan hidup di masyarakat. Norma hukum juga sebagai pelengkap norma-norma lain dengan sanksi tegas dan nyata.

Sebutkan jenis-jenis norma!

1. Norma agama 2. Norma kesusilaan 3. Norma kesopanan 4. Norma hukum

Sebutkan fungsi-fungsi norma!

1. Bisa mencegah terjadinya benturan kepentingan masyarakat 2. Dapat menciptakan kehidupan masyarakat menjadi aman, tenteram, dan tertib. 3. Memberi petunjuk atau pedoman bagi setiap individu dalam menjalani kehidupan di masyarakat. 4. Membantu mencapai tujuan bersama dalam masyarakat. 5. Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai nilai yang berlaku. 6. Memberikan batasan, yaitu berupa larangan atau perintah dalam berperilaku dan bertindak. 7. Memaksa individu dalam menyesuaikan dan beradaptasi dengan normanorma yang berlaku yang ada dalam masyarakat serta menyerap nilai-nilai yang diharapkan.

Sebutkan ciri-ciri norma!

- Secara umumnya tidak tertulis. - Merupakan hasil dari kesepakatan. - Masyarakat merupakan pendukung yang menaatinya. - Melanggar norma sosial mendapatkan sanksi atau hukuman. - Menyesuaikan dengan perubahan sosial sehingga dapat dikatakan bahwa norma sosial dapat mengalami perubahan. - Dibuat secara sadar.

Source / Sumber: .

Itulah jawaban dari pertanyaan "apa yang dimaksud dengan norma" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu.

Terima kasih telah membaca artikel di website Tanyain.com, mudah-mudahan tulisan diatas berguna untuk anda. Tanyain.com adalah sebuah website yang berisi pertanyaan & jawaban yang mungkin sedang anda cari jawabannya. Cari pertanyaan atau Istilah yang sedang anda cari pada kolom pencarian yang tersedia diatas.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud Dengan Norma?"