Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Aktiva Lancar?

Apa yang dimaksud dengan Aktiva Lancar?

Aktiva lancar adalah aktiva dalam bentuk uang tunai atau barang berharga lain yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dijadikan uang tunai.

Apa saja yang ada di Aktiva lancar?

1. Kas atau cash: semua aktiva yang tersedia di dalam kas perusahaan ataupun setara kas yang disimpan di bank yang bisa diambil setiap kapan saja dengan mudah. 2. Piutang Dagang: tagihan dari perusahaan kepada yang diajukan kepada pihak lain (debitur) yang disebabkan karena penjualan barang atau jasa secara kredit. 3. Piutang pendapatan: jenis pendapatan yang berupa hak namun belum dibayarkan. 4. Piutang Wesel: surat perintah penagihan pada seseorang atau badan untuk dapat membayar sejumlah uang di tanggal yang telah ditentukan, pada orang yang namanya sudah ada di dalam surat tersebut. 5. Surat Berharga: kepemilikan saham atau juga obligasi perusahaan lain yang mempunyai sifat sementara, yang dapat dijual kembali. 6. Beban Dibayar di Muka: pembayaran beban yang dibayar di muka, namun belum menjadi suatu kewajiban pada periode selanjutnya. 7. Persediaan Barang Dagang: barang yang dibeli dengan tujuan dapat dijual kembali. Inventaris: inventaris terdiri dari barang-barang yang dimil1iki sebuah perusahaan yang dalam bisnis perusahaan menjual barang-barang tersebut.

Bagaimana cara menghitung Aktiva Lancar?

Aktiva Lancar = Kas + Piutang + Perlengkapan + DDM.

Apa bahasa inggrisnya Aktiva lancar?

active realisable; current asset.

Source / Sumber: Buku Kamus Perbankan Bank Indonesia 1999, Google search.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan apa yang dimaksud dengan aktiva lancar" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu.

Catatan: Q&A atau Question and answers diatas kami ambil dari buku yang berjudul "Kamus Perbankan Bank Indonesia 1999" dan sebagian jawaban kami kumpulkan dari berbagai website.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud Dengan Aktiva Lancar?"