Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Aksio Pauliana?

Apa yang dimaksud dengan Aksio Pauliana?

Aksio pauliana adalah gugatan yang diajukan kreditur untuk membatalkan perbuatan curang dari debitur yang merugikannya; lembaga aksio pauliana diciptakan untuk melindungi kreditur dari tindakan curang debiturnya, yaitu orang, persekutuan/badan hukum yang dinyatakan pailit.

Apa saja syarat Untuk Memenuhi Gugatan berdasarkan Aksio Pauliana?

1. Diajukan oleh kreditur yang memiliki kewenangan untuk mengajukan tuntutan. 2. Diajukan terhadap tindakan hukum debitur, baik yang tidak diwajibkan oleh undang-undang, maupun yang seharusnya wajib dilakukan berdasarkan perjanjian. 3. Tuntutan hanya diajukan oleh kreditur yang dirugikan atas perbuatan hukum debitur. 4. Kreditur harus membuktikan bahwa, debitur maupun pihak lawan mengetahui bahwa perbuatan hukum yang dilakukan oleh debitur akan merugikan kreditur.

Apa tujuan Aksio Pauliana?

Tujuan utama dalam berbagai kasus hukum adalah memastikan kepentingannya dapat dipulihkan. Begitu juga dalam perkara kepailitan. Para kreditur berharap tidak adanya pengurangan aset pihak debitur yang pailit (bankrupt estate) sehingga pembayaran utang oleh pihak debitur bisa berjalan maksimal.

Apa bahasa inggrisnya Aksio Pauliana?

Actio pauliana.

Source / Sumber: Buku Kamus Perbankan Bank Indonesia 1999, Google search.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan apa yang dimaksud dengan Aksio Pauliana" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu.

Catatan: Q&A atau Question and answers diatas kami ambil dari buku yang berjudul "Kamus Perbankan Bank Indonesia 1999" dan sebagian jawaban kami kumpulkan dari berbagai website.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud Dengan Aksio Pauliana?"