Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Dan Jelaskan Struktur Teks Biografi

Pertanyaan:

Sebutkan Dan Jelaskan Struktur Teks Biografi

Jawaban:

Struktur teks biografi terdiri dari Orientasi, Masalah atau Peristiwa, dan Reorientasi.

  1. Orientasi, merupakan bagian yang pada umumnya menjelaskan maupun mengenalkan tokoh dalam biografi. Pengenalan tokoh dalam biografi ini berupa siapa tokoh tersebut serta prestasi maupun pencapaian yang diraih tokoh tersebut agar menunjukkan bahwa tokoh dalam biografi menarik untuk diketahui kehidupannya.
  2. Masalah atau peristiwa, merupakan bagian yang berisi mengenai masalah-masalah maupun peristiwa-peristiwa penting yang dialami sang tokoh dalam biografi selama perjalanan hidupnya baik berupa proses dalam berkarir, pemecahan masalah, langkah mencapai cita-cita maupun kesuksesan, kisah sedih, bahagia, serta mengharukan yang dialami pernah sang tokoh dalam biografi.
  3. Reorientasi, merupakan bagian bagian penutup yang bersifat pilihan. Bersifat pilihan karena dalam teks biografi boleh ada maupun tidak. Dalam bagian reorientasi ini memuat pandangan maupun pendapat pribadi penulis terhadap tokoh dalam biografi. Adapun pendangan ini bersifat positif maupun negatif tergantung pada penulis itu sendiri.

Pelajaran: B. Indonesia
Tingkat: 

Pertanyaan lainnya: Jelaskan batasan anekdot dengan singkat dan jelas

Sebutkan Dan Jelaskan Struktur Teks Biografi

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian teks biografi
Biografi adalah riwayat hidup yang ditulis orang lain. Jadi, tulisan yang berisi sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses seseorang dinamakan teks biografi.
Jelaskan tujuan teks biografi
Membaca tulisan biografi akan memperkaya wawasan dan bisa menjadi teladan agar bisa menjalani kehidupan dengan baik serta mengisi hidup dengan karya yang bermanfaat, baik bagi sendiri maupun orang lain. Adapun tujuan lain dari teks biografi ialah untuk memberikan edukasi masyarakat terkait berbagai sisi dari seorang tokoh.
Apa bahasa inggrisnya biografi?
Bahasa inggrisnya yaitu Biography.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Sebutkan Dan Jelaskan Struktur Teks Biografi" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Sebutkan Dan Jelaskan Struktur Teks Biografi"