Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Wakaf

Pertanyaan:

Jelaskan Pengertian Wakaf

Jawaban:

Wakaf adalah memberikan harta milik pribadi kepada lembaga tertentu yang memberikan manfaat kepada masyarakat dengan tujuan mendapat ridha Allah SWT. Menurut hukum islam dapat juga berarti menyerahkan suatu hak milik yang tahan lama kepada penerima wakaf dengan ketentuan manfaatnya digunakan untuk hal yang sesuai dengan syariat islam.

Versi Wikipedia: Wakaf adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang melakukan wakaf) untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah.

Pelajaran: Agama / B. Arab
Tingkat: 

Pertanyaan lainnya: Jelaskan pengertian Ikhlas

Jelaskan Pengertian Wakaf

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian Hibah
Hibah adalah pemberian yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain berupa harta maupun bukan harta tanpa imbalan kepada penerima hibah. Pemberian atau serah terima ini dilakukan ketika masih hidup dan sehat.
Jelaskan pengertian hadiah
Hadiah adalah pemberian benda atau harta kepada seseorang tanpa imbalan sebagai wujud rasa cinta atau penghormatan kepada orang lain dengan catatan halal tanpa ada unsur kemaksiatan.
Apa dalil tentang wakaf?
“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya” (QS Ali Imran:92)
“Hai orang-orang yang beriman ,nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bui untuk kamu dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnyamelainkan dengan memincingkan mata terhadapnya dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (QS Al Baqarah:267)

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Pengertian Wakaf" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Wakaf"