Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pertanyaan:

Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Jawaban:

Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara, bermaksud bahwa Pancasila berfungsi menjadi pondasi dasar yang kokoh dalam berdirinya Indonesia guna menyatukan seluruh komponen masyarakat dalam sebuah kehidupan yang penuh kerukunan dan kesatuan.

Pelajaran: PPKN
Tingkat: SMP

Pertanyaan lainnya: Jelaskan aspek pancagatra dalam wawasan nusantara

Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan fungsi pancasila sebagai ideologi bangsa!
Pancasila berkedudukan sebagai Ideologi Bangsa ( Pandangan Hidup Bangsa ), bermakna bahwa Pancasila berfungsi sebagai tolok ukur pedoman hidup masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.
Jelaskan pengertian pancasila!
Pancasila adalah pilar ideologis negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sebutkan lima ideologi pancasila!
Lima ideologi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara"