Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian

Pertanyaan:

Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian

Jawaban:

Berikut adalah beberapa upaya dalam pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian:

  1. Pembangunan berbasis kelautan (ocean-based development) untuk menunjang pembanuntukn kelautan.
  2. Memacu percepatan pengembangan infrastruktur dan ketersambungan maritim untuk mengurangi inefisiensi ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.
  3. Melakukan pembangunan konektivitas maritim untuk memberikan jaminan kesatuan ekonomi dan menekan perbedaan harga serta kesenjangan ekonomi antarwilayah.
  4. Pemerintah menyiapkan pelabuhan yang besar serta memadai untuk menyambut ASEAN Connectivity.
  5. Menyiapkan kerangka regulasi yang sesuai dengan semua negara di ASEAN agar didapatkan keharmonisasian regulasi dalam menyambut MEA.

Pelajaran: IPS
Tingkat: SMP

Pertanyaan Lainnya: Jelaskan masalah dalam perdagangan antar negara bagi Indonesia!

Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan kebijakan pemerintah dalam ekonomi!
1. Kebijakan Fiskal
Kebijakan ekonomi yng digunakan pemerintah untk mengendalikan / mengarahkan perekonomian pda saat kondisi yng lebih baik. Caranya yaitu dngn mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah.Instrumen utama kebijakan fiskal adalah pajak (T) dan pengeluaran pemerintah (G).

2. Kebijakan Moneter
Kebijakan ekonomi yng digunakan Bank Indonesia sbg otoritas moneter, untuk mengendalikan / mengarahkan perekonomian pda kondisi yng lbih baik atau diinginkan dngn mengatur jumlah uang yang beredar (JUB) dan tingkat suku bunga. Kebijakan moneter bertujuan adalah mengendalikan jmlah uang yng beredar (JUB).

3. Kebijakan Perdagangan Luar Negeri
Peraturan yng dibuat oleh pemerintah yang mempengaruhi struktur/ komposisi & arah transaksi perdagangan serta pembayaran internasional. Karna merupakan salah satu bagian dr kebijakan ekonomi makro maka kebijakan perdgangn internasional bekerja sama dngn baik dngn kebijakan fiskal dan kebijakan moneter.
Sebutkan peranan pemerintah dalam kegiatan perekonomian!
- Sebagai pengatur, artinya pemerintah mengatur lalu lintas perekonomian seperti membuat UU, melakukan pengawasan, menetapkan kebijakan fiskal dan moneter.
- Sebagai konsumen, artinya pemerintah bertujuan menjalankan roda pemerintahan dengan menggunakan tenaga ahli, menggunakan alat-alat kantor, memanfaatkan energi listrik, dll.
- Sebagai produsen, artinya pemerintah sebagai produsen  dengan menjalankan berbagai perusahaan milik negara, seperti PLN, Pertamina, dan PDAM.
Bagaimana peran pemerintah dalam sistem ekonomi Indonesai?
Pemerintah sebagai pengawas jalannya perekonomian di Indonesia dan juga penyedia fasilitas pelayanan ekonomi untuk masyarakat Indonesia.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian"