Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu Pada Setrika Listrik

Pertanyaan:

Jelaskan Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu Pada Setrika Listrik

Jawaban:

Prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik adalah dengan memutuskan arus listrik ketika suhu terlalu panas, lalu otomatis menghubungkan arus listrik kembali ketika suhu dingin. Prinsip ini bekerja melalui 2 logam yang berbeda koefisien muainya yang dipadukan. Logam yang lebih mudah memuai berada pada bagian bawah dan logam yang sulit memuai berada pada bagian atas. Ketika suhu terlalu panas, logam pada bagian bawah dapat lebih mudah memuai dan memanjang, hingga bimetal melengkung ke atas, lalu menyebabkan rangkaian sirkuit terputus dan setrika mati. Sedangkan ketika suhu dingin, logam pada bagian bawah dapat lebih mudah menyusut dan memendek, hingga bimetal melengkung ke bawah, lalu menyebabkan rangkaian sirkuit terhubung kembali dan setrika hidup.

Pelajaran: Fisika
Tingkat: SMP

Jelaskan Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu Pada Setrika Listrik

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian bimetal!
Bimetal adalah alat yang terdiri dari dua logam yang berbeda nilai koefisien muai panjangnya atau yang berbeda kecepatan pemuaiannya, direkatkan menjadi satu.
Jelaskan cara kerja setrika listrik!
Cara kerja setrika listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas, dengan hambatan listrik di dasar setrika yang menghasilkan panas saat dialiri arus listrik
Jelaskan pengertian energi panas!
Energi panas adalah energi yang dimiliki benda akibat suhunya. Semakin tinggi energi panas akan menyebabkan suhu meningkat.
Contoh perangkat listrik yang menggunakan energi listrik untuk menghasilkan energi panas adalah setrika listrik.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu Pada Setrika Listrik". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu Pada Setrika Listrik"