Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Perbedaan Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia

Pertanyaan:

Jelaskan Perbedaan Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia

Jawaban:

Perubahan Fisika adalah Perubahan yang Tidak menghasilkan materi baru.

Perubahan Kimia adalah perubahan yang menghasilkan materi baru.

Penjelasan:

Materi adalah objek atau bahan atau zat yang menempati ruang, yang jumlahnya dapat diukur sebagai satuan massa dengan sifat dan karakteristik tertentu.

Secara umum materi dapat juga didefinisikan sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati volume.

Materi merupakan sebuah zat tunggal yang dapat berupa sebuah unsur, senyawa, atau bahkan campuran. Setiap Zat atau materi akan memiliki wujud tertentu pada kondisi tertentu berdasarkan karakteristik dari molekul atau senyawa atau unsur penyusunnya.  

Pelajaran: Fisika
Tingkat: SMP

Jelaskan Perbedaan Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian perubahan fisika!
Perubahan fisika adalah perubahan materi yang tidak disertai dengan pembentukan zat yang jenisnya baru. Contoh perubahan fisika, pencampuran gula ke dalam air membentuk larutan gula. Secara fisik gula berubah dari bentuk padat menjadi bentuk yang terlarut dalam air, tetapi sifat-sifat gula masih tampak dalam larutan itu, misalnya rasa manis masih ada, baik dalam wujud padat maupun dalam bentuk terlarut dalam air. Perubahan ini tidak mengubah baik sifat maupun struktur air. Perubahan yang terjadi hanya fisiknya saja, dari cair menjadi padat (es), atau dari cair menjadi gas.
Jelaskan pengertian perubahan kimia!
Perubahan kimia adalah suatu perubahan materi yang menghasilkan jenis dan sifat materi berbeda (baru) dari zat semula dinamakan (perubahan kimia dinamakan juga reaksi kimia atau reaksi). Contoh perubahan kimia adalah pembakaran kayu, jika kayu dibakar akan menghasilkan arang kayu. Jika dibandingkan antara kayu dan arang kayu, keduanya memiliki jenis dan sifat yang berbeda, karena itu pembakaran kayu bukan perubahan fisika, tetapi tergolong perubahan kimia.
Jelaskan pengertian senyawa!
Senyawa merupakan materi yang dapat juga digolongkan sebagai Zat tunggal yang terbentuk dari gabungan beberapa unsur melalui proses reaksi kimia dengan perbadingan yang bernilai tetap.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Perbedaan Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Perbedaan Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia"