Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan 4 Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam

Pertanyaan:

Jelaskan 4 Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam

Jawaban:

  1. Adanya perbedaan jati diri (suku, ras, agama, budaya, bahasa) yang dipandang negatif sebagai jurang pemisah
  2. Adanya perbedaan kepentingan yang tidak dikelola dengan baik
  3. Kurangnya sikap toleransi, tenggang rasa dalam menghadapi segala perbedaan yang ada
  4. Munculnya kelompok atau golongan yang fanatik dan sentiment terhadap golongan lainnya

Pelajaran: PPKN
Tingkat: SMP

Jelaskan 4 Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian konflik!
Konflik berasal dari bahasa Latin “configure” yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
Jelaskan jenis-jenis konflik dalam masyarakat!
1. Konflik Pribadi
Konflik pribadi adalah konflik yang terjadi antara individu dengan individu atau dengan kelompok masyarakat. Jenis konflik ini sangat sering terjadi di dalam keluarga, pertemanan, dunia kerja, dan lainnya.
2. Konflik Rasial
Konflik rasial adalah konflik yang terjadi antar ras atau yang berbeda. Konflik rasioal akan terjadi ketika setiap ras merasa lebih unggul dan lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri.
3. Konflik Agama
Konflik agama adalah konflik yang terjadi antara kelompok-kelompok yang memiliki agama dan keyakinan berbeda. Sebagian besar masyarakat menganggap agama sebagai tuntunan dan pedoman hidupnya yang harus diikuti secara mutlak.
4. Konflik Antar Kelas Sosial
Adanya pengelompokan kelas di dalam masyarakat sangat berpotensi menimbulkan terjadinya konflik. Perebutan dan upaya mempertahankan peran dan status di dalam kelompok masyarakat seringkali menimbulkan konflik.
5. Konflik Politik
Konflik politik adalah konflik yang terjadi karena adanya perbedaan pandangan di dalam kehidupan politik. Konflik ini terjadi karena masing-masing kelompok ingin berkuasa terhadap suatu sistem pemerintahan. Konflik politik merupakan konflik yang sering terjadi saat menjelang pemilu.
6. Konflik Sosial
Konflik sosial adalah konflik yang terjadi di dalam kehidupan sosial masyarakat. Misalnya masalah pergaulan, masalah ekonomi, komunikasi, dan lain-lain.
7. Konflik Internasional
Konflik internasional adalah konflik yang terjadi antar negara-negara di dunia, baik itu negara berkembang maupun negara maju.
Jelaskan pengertian konflik rasial!
Konflik rasial adalah konflik yang terjadi antar ras atau yang berbeda. Konflik rasioal akan terjadi ketika setiap ras merasa lebih unggul dan lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan 4 Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan 4 Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam"