Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional

Pertanyaan:

Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional

Jawaban:

Yang dimaksud dengan masa Pergerakan Nasional Indonesia adalah gerakan nasionalisme yang berlangsung dimulai tahun 1908 sampai 1942. Untuk memudahkan pemahaman, maka dibuat tahapan pergerakan nasional Indonesia ini sebagai berikut: 

  1. MASA PEMBENTUKAN
  2. MASA RADIKAL atau NONKOOPERASI
  3. MASA MODERAT atau KOOPERASI
Pembahasan:

Pengertian Pergerakan Nasional
Pergerakan nasional adalah suatu bentuk perlawanan terhadap kepada kaum penjajah yang dilaksanakan tidak dengan menggunakan kekuatan bersenjata, tetapi menggunakan organisasi yang bergerak di bidang sosial, budaya, ekonomi dan politik. Demikian halnya dengan pergerakan nasional yang terjadi di Indonesia.

Pelajaran: Sejarah
Tingkat: SMA

Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian masa pembentukan!
MASA PEMBENTUKAN ini berlangsung pada 1908 – 1920 dan ditandai dengan munculnya organisasi dengan semangat persatuan seperti Budi Utomo (1908), Serekat Islam (1911), Indische Partji (1912) dan ISDV (1914).
Jelaskan pengertian masa radikal atau nonkooperasi!
MASA RADIKAL berlangsung pada tahun 1920 – 1930 dan ditandai dengan berdirinya organisasi seperti PKI (1921), PI (1924) dan PNI (1927). Masa ini disebut juga masa non-kooperasi karena organisasi tersebut tidak mau bekerja sama dengan pemerintah kolonial belanda dan bahkan mengadakan pemberontakan, meskipun gagal.
Jelaskan masa moderat atau kooperasi!
MASA MODERAT berlangsung tahun 1930 – 1942 dan ditandai dengan munculnya organisasi seperti Parindra (1935), PNI Baru (1931), Gerindo (1931), PPKI (1927) dan lain lain. Masa ini disebut juga masa kooperasi karena organisasi pergerakan nasional mulai bersikap lunak dan bekerja sama dengan pemerintah belanda. Perubahan sikap ini didorong oleh sikap pemerintah belanda yang menjadi lebih keras terhadap kehidupan berserikat karena adanya pemberontakan yang terjadi sebelumnya.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional"