Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Luqman Diberi Gelar Al Hakim? Jelaskan!

Pertanyaan:

Mengapa Luqman Diberi Gelar Al Hakim? Jelaskan!

Jawaban:

Alasan mengapa Luqman mendapat gelar Al-Hakim adalah karena ia sosok yang bijaksana. Gelar Al-Hakim sendiri artinya adalah ahli hikmah. Hikmah ini diartikan sebagai kebijaksanaan.

Pembahasan:

Luqman adalah sosok yang saleh, pandai bersyukur dan selalu ikhlas atas semua keputusan Allah SWT oleh sebab itu Allah SWT memberinya Ilmu Hikmah, yakni kebijaksanaan.

Kebijaksanaan Luqman Al-Hakim ini bisa dilihat dari nasehat-nasehatnya kepada anaknya yang ada dalam Al-quran. Juga kisah-kisahnya yang diriwayatkan para ulama.

Pelajaran: Agama
Tingkat: 

Pertanyaan lainnya: Jelaskan apa yang dimaksud amal shaleh!

Mengapa Luqman Diberi Gelar Al Hakim? Jelaskan!

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan siapa Luqman al Hakim?
Luqmān adalah hamba Allah Swt. yang shālih. Ia tidak menerima kenabian, tetapi menjadi seorang ayah pilihan Allah Swt. Dia berkebangsaan Habsyi berasal dari Kota Sudan. Pekerjaannya sebagai tukang kayu, tubuhnya pendek, dia memiliki kekuatan dan mendapat hikmah dari Allah Swt., sehingga nasihat yang disampaikan kepada anaknya diabadikan dalam al-Qur’ān.
Sebutkan nasehat luqman kepada anaknya!
1. Jangan Musyrik atau Menyekutukan Allah Swt.
2. Jangan Angkuh dan Sombong
3. Hendaklah Berbuat Kebajikan
Jelaskan Isi kandungan Q.S Al-Luqman ayat 13 sampai 14!
1. Bahwa mempersekutukan Allah SWT adalah dosa yang sangat besar oleh sebab itu harus dijauhi dan jangan sekali-kali dilakukan (ayat 13)
2. Bahwa manusia harus berbakti kepada kedua orang tuanya (ayat 14)
3. Bahwa Ayah dan ibunya adalah sosok yang sangat berjasa atas diri anak-anaknya di mana sang ibu mengandung dan kemudian menyusui (ayat 14)
4. Bahwa atas semua jasa kedua orang tua, seseorang harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dan juga berbakti kepada ayah dan ibunya (ayat 14)

Itulah jawaban dari pertanyaan "Mengapa Luqman Diberi Gelar Al Hakim? Jelaskan!" dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Mengapa Luqman Diberi Gelar Al Hakim? Jelaskan!"