Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Kegunaan Ilmu Pengetahuan Bagi Kehidupan Manusia

Pertanyaan:

Jelaskan Kegunaan Ilmu Pengetahuan Bagi Kehidupan Manusia

Jawaban:

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia antara lain adalah

  • Membuat hidup manusia menjadi lebih mudah dan efisien
  • Meningkatkan keimanan  
  • Mudah dalam memecahkan permasalahan yang dialami dalam hidup
  • Maningkatkan kualitas dan derajat
  • Dapat hidup dengan sejahtera

Pembahasan
Menuntut ilmu dalam islam hukumnya adalah wajib. Orang yang menuntut ilmu dalam agama islam memiliki derajat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidak berilmu. Hal ini karena ilmu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keimanan. Dengan ilmu kita lebih mengenal kebsaran Allah, mengetahui apa yang Allah perintahkan dan mengetahui apa yang Allah larang.

Pelajaran: B. Arab
Tingkat: SMA

Jelaskan Kegunaan Ilmu Pengetahuan Bagi Kehidupan Manusia

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Mengapa ilmu agama penting untuk dipelajari?
Ilmu agama sangat penting untuk diperlajari karean dengan mempelajari ilmu agama kita dapat mengetahui tuntunan hidup yang yang sesuai dengan syari'at islam. Dengan mempelajari ilmu agama kita dapat mengathau tentang aqidah agama islam, cara beribadah kepada Allah dan beribadah yang berhubungan dengan manusia dan ketatuan syria'at lainnya. Seseorang yang tidak mau mempelajari ilmu agama maka hidup didunia akan selalu berada dalam kesesatan.
Sebutkan 4 jenis ilmu pengetahuan agama yang berkembang pada masa dinasti bani umayyah!
1. bidang ilmu hadist
2. bidang ilmu tafsir
3. bidang ilmu faqih
4. bidang ilmu tasawuf
Jelaskan macam-macam ilmu pengetahuan!
1. Ilmu alamiah (Natural sciences) ialah ilmu yang mengkaji tentang keteraturan-keteraturan dalam alam semesta dengan menggunakan metode ilmiah. Seperti : Ilmu fisika, kimia, biologi, dll.
 2. Ilmu sosial (social science) ialah ilmu yang mengkaji tentang keteraturan-ketetaturan dalam hubungan antar manusia satu dengan manusia yang lainnya. Seperti: Ilmu sosiologi, ekonomi, antroplogi, dll.
  3. Ilmu budaya (Humanities) ialah ilmu yang mengkaji tentang masalah-masalah manusia dan budaya yang bersifat manusiawi. Seperti: Ilmu bahasa, agama, kesenian, dll.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Kegunaan Ilmu Pengetahuan Bagi Kehidupan Manusia". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Kegunaan Ilmu Pengetahuan Bagi Kehidupan Manusia"