Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Karya Ilmiah

Pertanyaan:

Jelaskan Pengertian Karya Ilmiah

Jawaban:

Karya Ilmiah adalah sebuah karya tulis yang berisi mengenai sebuah laporan penelitian yang dilakukan oleh sesorang maupun tim yang landasan dengan teori dan metode-metode ilmiah. Karya ilmiah berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diteliti. Karya ilmiah ditulis secara runtut dan sistematis.

Karya ilmiah termasuk dalam karangan non-fiksi, artinya karya ilmiah adalah sebuah karangan yang ditulis berdasarkan fakta atau berdasarkan pada kejadian yang terjadi sesungguhnya yang ditulis oleh penulis atau pengarang.

Pelajaran: B. Indonesia
Tingkat: SMP

Jelaskan Pengertian Karya Ilmiah

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan struktur karya ilmiah!
1. Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisikan dasar-dasar penelitian ilmiah dilakukan, masalah yang diangkat, dan mekanisme penyelesaian masalah itu.
2. Isi dan Pembahasan
Bagian isi dan pembahasan ini bisa terdiri dari satu atau lebih bab. Jumlah bab pada bagian ini bergantung seberapa pelik pembedahan dan pembahasan dari bahan penelitian.
3. Kesimpulan
Bagian kesimpulan berisikan kesimpulan dari hasil analisis pada bagian isi dan pembahasan. Kesimpulan yang disampaikan pada bagian ini berupa penjelasan singkat dan padat mengenai hasil analisis. Biasanya, bagian ini hanya terdiri dari satu bab.
Sebutkan ciri-ciri karya ilmiah!
1. Reproduktif
2.Tidak Ambigu
3. Tidak Emotif
4. Menggunakan Bahasa Baku
5. Menggunakan Kaidah Keilmuan
6. Bersifat Dekoratif
7. Terdapat Kohesi
8. Bersifat Objektif
9. Menggunakan Kalimat Efektif
Jelaskan tujuan karya ilmiah!
Agar gagasan penulis karya ilmiah itu dapat dipelajari, lalu didukung atau ditolak oleh pembaca.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Pengertian Karya Ilmiah". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Karya Ilmiah"