Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pertanyaan:

Jelaskan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Jawaban:

Pancasila sebagai dasar negara, berarti Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 menegaskan, bangsa Indonesia memiliki dasar dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara mendasari pasal-pasal dalam UUD 1945.

Serta menjadi cita-cita hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan.

Pelajaran: PPKN
Tingkat: SMP

Jelaskan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pancasila sebagai pandangan hidup!
Pancasila sebagai pandangan hidup artinya adalah Pancasila dijadikan dasar dan motivasi dalam sikap, tingkah laku, dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Jelaskan pancasila sebagai perjanjian luhur!
Pancasila adalah janji dari para pendiri bangsa yang dititipkan kepada generasi penerus untuk terus dipelihara dan dilaksanakan.
Jelaskan pancasila sebagai ideologi negara!
Pancasila sebagai ideologi negara artinya seluruh warga negara Indonesia menjadikan pancasila sebagai dasar sistem kenegaraan. Nilai-nilai yang ada pada setiap butir pancasila harus dijadikan sebagai pedoman dasar dalam melangsungkan kehidupan bernegara.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Pancasila Sebagai Dasar Negara". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pancasila Sebagai Dasar Negara"