Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Manfaat Perdagangan Antar Pulau

Pertanyaan:

Jelaskan Manfaat Perdagangan Antar Pulau

Jawaban:

a. Membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat

Dikarenakan meningkatnya produksi, maka lapangan pekerjaan yang terbuka untuk masyarakat akan meningkat.

b. Memenuhi kepuasan konsumen

Karena satu daerah tidak mungkin memiliki sumber daya yang sama untuk memenuhi kebutuhan dalam daerahnya sendiri, maka diperlukan adanya perdagangan antarpulau.

c. Meningkatkan produktivitas penduduk

Dikarenakan banyaknya lapangan pekerjaan dan meningkatnya produksi, maka produktivitas akan meningkat sheingga mengurangi jumlah pengangguran yang ada di masyarakat.

Pelajaran: IPS
Tingkat: SMP

Pertanyaan Lainnya: Jelaskan masalah dalam perdagangan antar negara bagi Indonesia!

Jelaskan Manfaat Perdagangan Antar Pulau

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan tujuan perdagangan antar pulau!
a. Memperluas jangkauan pasar
Dikarenakan perdagangan dilakukan pada daerah lain, sehingga akan muncul sebuah potensi pasar yang baru pula yang akan memberikan kesempatan bagi produsen untuk menjual barangnya. Sebagai contoh: Salak Pondoh yang diproduksi di Jogja didistribusikan keluar daerah seperti pulau Bali, pulai Kalimantan, dan pulau Sumatra karena salak hanya dapat diproduksi didaerah tersebut.

b. Mendapatkan keuntungan
Dikarenakan terbukanya pasar, maka akan mendapatkan keuntungan yang didapatkan oleh produsen itu sendiri. Dikarenakan penjualan dilakukan diluar daerah, maka keuntungan yang diberikan pun akan berbeda. Sehingga kana memberikan keuntungan yang lebih daripada melakukan penjualan didalam daerah.
Jelaskan pengertian perdagangan antar pulau!
Perdagangan antar pulau adalah perdagangan yang dilakukan dalam satu wilayah negara namun berbeda pulau oleh dua pihak atau lebih berdasarkan kesepakatan bersama.
Jelaskan pengertian perdagangan antar daerah!
Perdagangan antar daerah adalah perdagangan yang dilakukan dalam satu wilayah negara dan pulau oleh dua pihak atau lebih berdasarkan kesepakatan bersama.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Manfaat Perdagangan Antar Pulau". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Manfaat Perdagangan Antar Pulau"