Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Makna Sumpah Pemuda

Pertanyaan:

Jelaskan Makna Sumpah Pemuda

Jawaban:

Makna penting terkandung dalam sumpah pemuda yaitu :

  1. Untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia maka para pemuda dan pemudi Indonesia bersungguh-sungguh hingga titik darah penghabisan.
  2. Seluruh daerah yang ada di Indonesia, masyarakat indonesia mempunyai beragam suku yang berbeda-beda, namun para pemuda dan pemudi hanya mengakui satu bangsa dengan keberagaman yang kaya yaitu adalah Bangsa Indonesia.
  3. Begitu pula dengan bahasa, keberagaman suku di Indonesia juga memiliki banyak bahasa daerah dari setiap suku yang ada di Indonesia, akan tetapi pemuda dan pemudi mengakui bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa dan harus dijunjung tinggi.

Pelajaran: PPKN
Tingkat: SMP

Jelaskan Makna Sumpah Pemuda

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian sumpah pemuda!
Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".
Bagaimana bunyi isi sumpah pemuda?
Pertama : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Sumpah pemuda diperingati setiap tanggal?
Sejak 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Makna Sumpah Pemuda". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Makna Sumpah Pemuda"