Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Makna Proklamasi Kemerdekaan!

Pertanyaan:

Jelaskan Makna Proklamasi Kemerdekaan!

Jawaban:

  • Berakhirnya penderitaan rakyat Indonesia.
  • Lahirnya sebuah negara Indoenesia.
  • Tonggak sejarah Indonesia
    Proklamasi Indoensia merupakan momentum sejarah bagi negara Indonesia.
  • Merupakan puncak perjuangan pergerakan kemerdekaan.
    Proklamasi kemerdekaan merupakan puncak perjuangan kemerdekaan yang telah dilaksanakan selama ratusan tahun.
Pembahasan
Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan momentum penting bagi Indonesia karena telah berakhirnya masa penjajahan, berakhirnya masa penderitaan rakyat dan merupakan lahirnya kembali NKRI. Tidak mudah untuk mendapatkan kemerdekaan, para pahlawan harus mengorbankan jiwa beserta raganya hanya untuk membela tanah air dan mendapatkan kemerdekaan. Setelah melewati masa-masa sulit tersebut akhirnya kita bangsa Indonesia bnerhasil merdeka dengan perjuangan para pahlawan.

Pelajaran: PPKN
Tingkat: SMP

Jelaskan Makna Proklamasi Kemerdekaan!

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Kapan Indonesia Merdeka?
Republik Indonesia merdeka pada Jum'at tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia merdeka dengan dibacakannya proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai pendampingnya, yang bertempat di Jl. Pegangsaan Timur no. 56 di Jakarta Pusat.
Bagaimana teks proklamasi kemerdekaan?
Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta
Bagaimana proses penyusunan teks proklamasi?
Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Makna Proklamasi Kemerdekaan!". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Makna Proklamasi Kemerdekaan!"