Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Makna Berbaik Sangka

Pertanyaan:

Jelaskan Makna Berbaik Sangka

Jawaban:

Makna berbaik sangka adalah pikiran yang baik dan positif yang ditujukan kepada diri, orang lain maupun kepada Allah SWT. Dalam islam, berbaik sangka dikenal dengan istilah HUSNUZAN.

Secara bahasa kata Husnudzon berasal dari bahasa Arab “husnu” yang berarti baik dan "dzan" yang berarti memiliki arti prasangka. Dari kedua kata ini husnudzon dapat diartikan sebagai baik sangka atau berprasangka baik. Husnudzon itu sendiri secara istilah memiliki arti sikap mental dan cara pandang yang menyebabkan seseorang melihat sesuatu secara positif atau melihat dari sisi positif.

Pelajaran: Agama
Tingkat: SD

Jelaskan Makna Berbaik Sangka

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan makna Toleransi!
Makna toleransi adalah saling hormat dan menghargai di antara perbedaan yang ada. Dalam islam toleransi dinamakan dengan TASAMUH. Toleransi diperbolehkan sepanjang tidak bertentangan dengan syariat.
Jelaskan makna Simpatik!
Makna simpatik adalah tertarik akan sesuatu hal sehingga tergerak untuk membantu, menolong dan sebagainya. Simpatik ini mirip dengan empati dan menjadi pendorong seseorang untuk melakukan kebaikan bagi sesama.
Jelaskan makna Qanaah!
Dari segi bahasa, Qanaah artinya adalah merasa cukup. Adapun menurut istilah, Qanaah adalah sikap mental yang senantiasa merasa cukup atas apa-apa yang telah diberikan Allah SWT pada dirinya.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Makna Berbaik Sangka". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Makna Berbaik Sangka"