Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Hakikat Wawasan Nusantara

Pertanyaan:

Jelaskan Hakikat Wawasan Nusantara

Jawaban:

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara atau nasional. Artinya secara luas, hakikat wawasan nusantara merupakan cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.

Tiap warga negara dan aparatur negara harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh dan menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Hal tersebut juga mencakup produk yang dihasilkan oleh lembaga negara yang harus berada dalam lingkup dan juga demi kepentingan bangsa Indonesia. Tentunya tanpa harus menghilangkan kepentingan daerah, golongan dan individu.

Pelajaran: PPKN
Tingkat: SMP

Jelaskan Hakikat Wawasan Nusantara

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian wawasan nusantara!
Wawasan nusantara adalah wawasan nasional yang bersumber pada pancasila dan berdasarkan UUD’45 yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Jelaskan pengertian kedudukan wawasan nusantara!
Kedudukan wawasan nusantara cukup penting dalam mewujudkan tujuan nasional. Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. Kedudukan wawasan nusantara menjadi landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional dalam berbangsa dan bernegara di Indonesia.
Jelaskan tujuan wawasan nusantara!
Mewujudkan rasa nasionalisme yang tinggi.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Hakikat Wawasan Nusantara". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Hakikat Wawasan Nusantara"