Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Pertanyaan:

Jelaskan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Jawaban:

Ada beberapa teori tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia diantaranya yaitu Teori Yunan, Teori Nusantara, Teori Out of Africa, dan Teori Out of Taiwan.

  1. Teori Yunan
    Teori Yunan menyatakan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, Tiongkok. Ada sejumlah ahli yang mendukung teori ini. Para ahli tersebut ialah R.H Geldern, J.H.C. Kern, J.R. Foster, dan J.R. Logon.
    Dasar dari teori ini yaitu penemuan kapak tua di wilayah Nusantara yang memiliki kesamaan dengan kapak tua yang terdapat di wilayah Asia Tengah, dan ditemukan adanya kesamaan bahasa yang berkembang di Kepulauan Nusantara dengan bahasa yang ada di Kamboja, yaitu bahasa Melayu Polinesia.
  2. Teori Nusantara
    Dalam teori Nusantara disebutkan bahwa manusia Indonesia berasal dari bangsa Indonesia itu sendiri, bukan melalui proses migrasi dari daerah lain. Teori Nusantara didukung oleh Mohammad Yamin, J. Crawford, Sutan Takdir Alisyahbana, dan Gorys Keraf.
    Dasar dari teori ini yaitu berdasarkan pada bangsa Melayu merupakan bangsa yang telah memiliki peradaban yang tinggi. Pandangan itu didasari oleh hipotesis bahwa bangsa Melayu sudah melalui proses perkembangan budaya sebelumnya. Kesimpulannya bangsa Melayu berasal dan berkembang di Nusantara, bukan dari luar yang berpindah ke wilayah Nusantara.
    Teori nusantara didukung pula dengan adanya kesamaan antara bahasa Melayu dengan bahasa Kamboja dinilai merupakan suatu kebetulan. Lalu, penemuan Homo soloensis dan Homo wajakensis di Pulau Jawa memberi tanda bahwa ada peluang bangsa Melayu keturunan manusia kuno berasal dari Jawa. 
  3. Teori Out of Africa
    Teori ini menyatakan bahwa manusia Indonesia berasal dari Afrika. Pendapat ini berdasarkan kajian ilmu genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan dan gen laki-laki. Mereka bermigrasi dari Afrika hingga ke wilayah Australia. Teori ini juga menyebutkan bahwa manusia Afrika melakukan perpindahan dari Afrika menuju Asia Barat sekitar 50.000-70.000 tahun yang lalu.
  4. Teori Out of Taiwan
    Teori Out of Taiwan menyatakan bahwa asal-usul manusia Indonesia berasal dari Kepulauan Famosa atau Taiwan. Teori yang didukung oleh pakar Harry Truman Simanjuntak didasari sejumlah argumentasi.
    menurut teori ini, tidak adanya pola genetika yang sama antara kromosom manusia Indonesia dengan manusia yang berada di Tiongkok. Lalu, masih menurut teori ini, bahasa yang digunakan dan berkembang di wilayah Nusantara adalah bahasa yang merupakan rumpun Austronesia.

Pelajaran: Sejarah
Tingkat: SMA

Jelaskan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Sebutkan Nilai-Nilai Budaya zaman pra aksara!
1. Nilai keagamaan
2. Nilai gotong royong
3. Nilai musyawarah
4. Nilai keadilan
Bahasa inggrisnya asal usul?
Origin.
Bahasa inggrisnya nenek moyang?
Ancestors.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia"