Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semua Rasul Membawa Ajaran Tauhid. Apa Arti Tauhid? Jelaskan!

Pertanyaan:

Semua Rasul Membawa Ajaran Tauhid. Apa Arti Tauhid? Jelaskan!

Jawaban:

Tauhid secara bahasa artinya keesaan, mengesakan Tuhan. Mengesakan Tuhan berarti meyakini bahwa Tuhan itu Maha esa. Tuhan Maha Esa itu ialah Allah SWT.

Tauhid menurut istilah adalah meyakini akan keesaan Allah SWT dalam rububiyah (penciptaan, pemilikan serta pemeliharaan), uluhiyyah (ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT) dan dalam nama-nama dan sifat Allah SWT (Al-Asmaa wash-shifaat).

Pelajaran: Agama/B. Arab
Tingkat: SMP

Semua Rasul Membawa Ajaran Tauhid. Apa Arti Tauhid? Jelaskan!

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Sebutkan macam-macam tauhid secara singkat!
  • Tauhid Rububiyah
  • Tauhid Uluhiyah
  • Tauhid Asma’ dan Shifat
Jelaskan pengertian Tauhid Rububiyah!
Beriman bahwa hanya Allah satu-satunya Rabb yang memiliki, merencanakan, menciptakan, mengatur, memelihara, memberi rezeki, memberikan manfaat, menolak mudharat serta menjaga seluruh Alam Semesta.
Jelaskan pengertian Tauhid Uluhiyah!
Tauhid uluhiyah dapat diartikan sebagai mentauhidkan atau mengesakan Allah dari segala bentuk peribadahan baik yang dzohir (terlihat) maupun batin. Itu artinya Kita beriman bahwa hanya Allah semata yang berhak disembah, tidak ada sekutu bagiNya.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Semua Rasul Membawa Ajaran Tauhid. Apa Arti Tauhid? Jelaskan!". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Semua Rasul Membawa Ajaran Tauhid. Apa Arti Tauhid? Jelaskan!"