Jelaskan Organ Penyusun Sistem Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya

Pertanyaan:

Jelaskan Organ Penyusun Sistem Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya

Jawaban:

Secara singkat, Organ penyusun sistem pernapasan manusia yaitu hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, alveolus, paru-paru.

  1. Hidung (Cavum Nasalis), merupakan jalan masuknya udara. Hidung adalah organ yang berperan dalam menghirup udara, sedangkan penyaringan udara dan penghangatan akan dilakukan oleh rongga udara.  
  2. Faring (tekak), merupakan organ persimpangan antara saluran pernapasan dan saluran pencernaan, yaitu rongga hidung ke tenggorokan dan rongga mulut ke kerongkongan.
  3. Laring (pangkal tenggorokan), berada di bagian belakang faring. Pada laring ada pita suara dan epiglotis. Epiglotis merupaakan katup pangkal tenggorokan yang tersusun atas tulang rawan dan sel-sel epitel yang berfungsi untuk mencegah makanan atau minuman masuk ke dalam saluran pernapasan.  
  4. Trakhea (tenggorokan), merupakan bagian yang dindingnya tersusun atas epitel yang bersilia (bagian dalam), cincin tulang rawan yang berotot polos (tengah), dan jaringan ikat (lapisan luar). Trakhea merupakan organ penghubung hidung  dan paru-paru, memiliki bentuk seperti pipa, bercabang dua membentuk bronkus pada paru-paru.  
  5. Bronkhus (cabang tenggorokan), merupakan percabangan trakhea, masing-masing percabangan berjumlah sepasang, sisi kanan menuju paru-paru kanan dan sisi kiri menuju paru-paru kiri. Struktur dinding bronkus hampir sama dengan trakea. Namun, dinding trakea lebih tebal daripada dinding bronkus. Bronkus akan bercabang menjadi bronkiolus.  
  6. Bronkhiolus, percabangan sepasang bronkus menjadi bronkuiolus. Bronkus kanan bercabang membentuk tiga bronkiolus dan bronkus kiri bercabang membentuk dua bronkiolus. Bronkiolus akan bercabang-cabang menjadi saluran yang lebih kecil, lebih halus, dan lebih tipis dindingnya, yang akan bermuara pada alveolus.
  7. Alveolus (gelembung paru-paru), merupakan muara bronkiolus yang banyak mengandung kapiler darah, yang merupakan tempat terjadinya pertukaran O2 dan CO2. Kumpulan alveolus inilah yang membentuk paru-paru (pulmo).  
  8. Paru-paru, merupakan kumpulan alveolus, terletak di dalam rongga dada, ada dua buah yaitu bagian kanan yang terdiri dari tiga gelambir dan bagian kiri yang terdiri dari dua gelammbir. Paru-paru dibungkus oleh lapisan pelindung yaitu selaput pleura rangkap dua, dan di antara keduanya terisi oleh cairan limfe.

Pelajaran: Biologi
Tingkat: SMP

Jelaskan Organ Penyusun Sistem Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!
Mekanisme inspirasi pernapasan dada yaitu Otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk terangkat → Tulang dada terangkat → Rongga dada membesar → Paru-paru mengembang → tekanan udara paru-paru menurun → Udara kaya oksigen masuk ke dalam tubuh.
Mekanisme ekspirasi pernapasan dada yaitu Otot antar tulang rusuk berelaksasi, tulang rusuk turun → Tulang dada turun ke posisi semula → Rongga dada mengecil → Volume paru-paru berkurang → tekanan udara paru-paru meningkat → udara mengandung karbondioksida terdorong keluar.
Sebutkan contoh gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia beserta penyebabnya!
(i) Penyakit influenza adalah virus influenza.
(ii) Tonsilitis disebabkan oleh golongan bakteri Streptococcus dan beberapa virus Influenza, Rhenovirus, Adenovirus.
(iii) Faringitis disebabkan oleh infeksi virus Rhenovirus, Adenovirus dan bakteri Streptococcus.
(iv) Pneumonia disebabkan oleh infeksi pada paru-paru.
Jelaskan upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem pernapasan kamu tetap sehat!
Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit sistem pernapasan yaitu tidak merokok, berolahraga secara teratur, menjaga kebersihan, menjalankan pola hidup sehat dan makan makanan bergizi.
Jelaskan proses pernapasan pada manusia secara singkat!
Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Adapun proses pernapasan pada manusia secara singkat dan berurutan bisa dilihat pada skema berikut ini: RONGGA HIDUNG > FARING > TRAKEA > BRONKUS > PARU-PARU (bronkiolus dan alveolus).
Sebutkan macam-maca kelainan ritme pernapasan pada manusia!
Macam-macam kelainan ritme pernapasan yaitu penyakit flu (influenza), faringitis, laringitis, asma, bronkitis, emfisema, pneumonia, dan kanker paru-paru. Kelainan tersebut dapat terjadi karena adanya gangguan pada sistem pernapasan. Pernapasan manusia dikatakan normal jika bernapas 12-20 kali per menit.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Organ Penyusun Sistem Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Pertanyaan Terkait

Subscribe Our Newsletter