Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri

Pertanyaan:

Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri

Jawaban:

1. Menjadikan hidup lebih tenang

Dengan mengacu pada norma yang berlaku pada masyarakat, kita tidak perlu cemas untuk ditegur dan dibenci orang lain.

2. Memiliki pergaulan yang rukun

Dengan menaati norma yang mengikat dalam masyarakat, kecil kemungkinan terjadinya perselisihan dan perkelahian antara diri kita sendiri dengan orang lain.

3. Mengendalikan tingkah laku ke arah yang positif

Dengan mengupayakan diri sendiri untuk selalu mengikuti norma, kita dapat membiasakan diri untuk mengendalikan tingkah laku. Lalu dapat menghindari perilaku negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

4. Tidak terjerumus pada masalah hukum

Dengan mematuhi norma yang ditentukan, kita bisa menghindari perbuatan dan keadaan berada pada posisi yang salah yang di mana bisa menimbulkan masalah hukum.

5. Melatih diri sendiri menjadi disiplin

Manfaaat lain dari menaati norma bagi diri sendiri yaitu bisa melatih kedisiplinan. Semisal ketika kita menaati peraturan untuk tidak terlambat datang ke sekolah, maka otomatis kita melatih diri sendiri untuk disiplin dan taat pada peraturan.

6. Disenangi oleh masyarakat dalam pergaulan

Tiap masyarakat pastinya menginginkan kerukunan. Oleh sebab itu untuk mencapainya, tiap individu harus memahami norma yang diterima masyarakat. Dengan begitu, dalam pergaulan, individu dapat diterima dan disenangi oleh masyarakat.

7. Menjadikan diri sendiri sebagai contoh positif bagi orang lain

Melalui pembiasaan diri sendiri untuk selalu menerapkan norma, masyarakat dapat melihat dan menilainya dengan positif, lalu dapat menjadi tauladan bagi yang lainnya.

8. Terhindar dari celaan masyarakat

Bagi orang yang tidak mengerti norma yang sesuai dengan masyarakat, bukan tidak mungkin dia mendapat kritikan. Lalu yang namanya orang banyak, maka bisa saja mendapat celaan dari salah satu lainnya.

9. Mendapat kepercayaan masyarakat

Kepercayaan bisa didapatkan dengan memberikan loyalitas, namun terlebih dahulu perlu menyesuaikan diri sendiri dengan kaidah yang mengikat dalam masyarakat.

10. Dan lain sebagainya

Pelajaran: PPKN
Tingkat: SMP

Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan apa pengertian norma?
Norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu.
Bagaimana proses pembentukan norma norma dalam masyarakat?
Di dalam hidup kita mengatahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari bantuan oranglain, atau manusia merupakan makhluk sosial. Tak hanya itu, kebutuhan manusia sendiri juga berbeda-beda. Jika dilihat dari berbagai sudut pandang, seperti individu dan kelompok maka hal itu akan membentuk sebuah berbagai masalah kepentingan. Untuk menghindari hal tersebut, dibuatlah sebuah aturan diantara individu dan kelompok sehingga aturan tersebut menjadi sebuah pedoman perilaku yang berfungsi sebagai alat penyeimbang di masyarakat.

Sebutkan macam-macam norma dalam masyarakat!
norma agama , norma kesusilaan , norma kesopanan , norma hukum, norma pendidikan, norma adat.
Jelaskan pengertian adat istiadat?
Adat istiadat adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya..
Jelaskan perbedaan norma hukum dan norma bukan hukum!
Norma hukum adalah norma yang dibuat oleh pemerintah itu sendiri dan disetujui oleh masyarakatnya , bila dilanggar akan mendapat sangsi.
Norma bukan hukum adalah norma yang bukan di buat oleh pemerintah , seperti norma kesusilaan , norma agama dan norma kesopanan.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri"