Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

Pertanyaan:

Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

Jawaban:

Kerajaan Islam Demak adalah kerajaan Islam pertama di Jawa yang didirikan oleh Raden Patah tahun 1475 di Bintoro,Demak. Pada awalnya Kadipaten Demak merupakan wilayah kekuasaan Majapahit. Namun kemunduran yang terjadi pada Kerajaan Majapahit membuat daerah-daerah di bawah kekuasaannya mulai melepaskan diri. Maka dari itulah, Kerajaan Demak didirikan tanpa ikatan dengan kerajaan Majapahit karena pada saat itu, kerajaan Majapahit sedang mengalami kemunduran. Para Wali Songo mendukung berdirinya kerajaan Demak dan dalam waktu singkat Demak berhasil menjadi kerajaan yang sangat besar. Dalam penyiaran dan perkembangan islam di Jawa selanjutnya, Walisongo memusatkan kegiatannya dengan menjadikan kota Demak sebagai sentral semua hal.

Pelajaran: 
Tingkat: 

Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Bagaimana proses berdirinya kerajaan mataram?
Kerajaan Mataram berawal dari sebuah Kadipaten di bawah kekuasaan Kerajaan Pajang, yang berada di Bumi Mentaok. Kerajaan ini diberikan oleh Raja Pajang Jaka Tingkir kepada Ki Ageng Pemanahan sebagai hadiah atas jasanya mengalahkan Arya Panangsang dari Jipang. Ki Ageng Pemanahan sebagai bupati di Mataram memiliki putra yang bernama Sutawijaya. Sutawijaya sangat berbakat di bidang militer, ia adalah orang yang mengalahkan Arya Panangsang. Karena kecakapannya dalam perang, Sutawijaya diangkat menjadi anak angkat Jaka Tingkir dan dijadikan saudara dengan putra mahkota yaitu Pangeran Benawa. Pada tahun 1575 M, Ki Ageng Pemanahan wafat. Sutawijaya kemudian di angkat sebagai Bupati Mataram menggantikan ayahnya. Dibawah kepemimpinannya, Mataram semakin berkembang dengan pesat. Di tahun 1582M, Jaka tingkir Raja Pajang meninggal dunia. Kerajaan Pajang direbut oleh Arya Panggiri yang saat itu menjadi adipati di Demak dengan mengalahkan Pangeran Benawa yang merupakan penerus tahta. Dalam masa kepemimpinannya, Arya Panggiri yang sewenang-wenang tidak disukai oleh rakyat Pajang. Pangeran Benawa melihat adanya kesempatan untuk merebut kembali kerajaannya. Dengan bantuan dari Bupati Mataram yaitu Sutawijaya, mereka berhasil mengalahkan Arya Panggiri. Kemudian di tahun 1586 M, Pajang diambil alih oleh Sutawijaya karena tidak ada putra mahkota yang menggantikan kepemimpinan Pangeran Benawa dan pusat pemerintahan Pajang kemudian di pindahkan ke Mataram. Pemindahan pusat pemerintahan ini menandai berdirinya Kesultanan Mataram.
Siapakah nama raja pertama dalam kerajaan demak?
Raden Patah.
Tahun berapakah kerajaan demak berdiri?
Kerajaan demak didirikan pada tahun 1478 M.
Siapa Raja Terkenal di kerajaan Demak?
- Raden Patah
- Pati Unus
- Sultan Trenggana
- Sunan Prawata
- Arya Penangsang
Dimana letak Kerajaan Demak?
Di Kota Demak, Jawa Tengah.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak"