Jelaskan Pengertian Hari Kiamat

Pertanyaan:

Jelaskan Pengertian Hari Kiamat

Jawaban:

Hari kiamat secara bahasa artinya kebinasaan atau kehancuran. Secara istilah hari kiamat berarti peristiwa yang dipercaya oleh orang islam dimana dunia dan segala isinya hancur atau dihancurkan oleh Allah SWT.

Hari kiamat dibagi menjadi 2, yaitu kiamat sugra (kecil) dan kiamat kubra (besar).

Hari kiamat atau yang dalam bahasa arab disebut yaumil qiyamah memiliki nama-nama lain diantaranya yaumil hisab (hari perhitungan) yang artinya hari dimana amal manusia yang dilakukannya selama hidup di dunia akan dipertanggung jawabkan.

Pelajaran: B. Arab/Agama
Tingkat: SMP

Jelaskan Pengertian Hari Kiamat

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Hari kiamat dibagi menjadi berapa bagian?
Hari akhir dibagi menjadi dua yaitu kiamat sugro dan Kiamat Kubro.
1. Kiamat Sugro atau Kiamat Kecil
Kiamat sugro adalah terjadinya kejadian hancurnya jagat raya dengan skala yang kecil. Misalnya adalah bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, gunung meletus, banjir sebagainya.
2. Kiamat Kubro (Kiamat Besar)
Kiamat Kubro adalah yang sesungguhnya. Ia merupakan proses hancurnya alam semesta beserta penghuni penghuninya. Kiamat kubro ini merupakan salah satu tanda dimulainya kehidupan akhirat. Dengan demikian, manusia akan mulai ditimbang dan dipertanggungjawabkan segala amal di dunia.
Apa sifat hari kiamat?
Sifat hari kiamat yaitu ghaib, jadi tidak ada satupun yang mengetahuinya kecuali Allah SWT.
Sebutkan tanda-tanda kiamat kecil atau kiamat sugra!
“Kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana : gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api yang muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.” HR. Muslim
Sebutkan tanda-tanda kiamat besar atau kiamat kubra!
1. Munculnya Dajjal
2. Keluarnya asap dukhan
3. Ya'juj dan Ma'juj
4. Matahari muncul dari barat
5. Turunnya nabi Isa AS
6. Dan lain sebagainya
Mengapa kita harus percaya akan datangnya hari kiamat?
Karena percaya pada hari kiamat merupakan rukun imat yang ke 6. Barangsiapa tidak meyakini akan datangnya hari kiamat maka ia telah murtad atau keluar dari islam.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Apa yang dimakud hari kiamat". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Pertanyaan Terkait

Subscribe Our Newsletter