Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Macam-Macam Demokrasi

Pertanyaan:

Jelaskan Macam-Macam Demokrasi

Jawaban:

Demokrasi terbagi dalam beberapa kelompok, yaitu berdasarkan dengan penyaluran kehendak rakyat, berdasarkan dengan hubungan antar kelengkapan Negara, dan berdasarkan dengan prinsip ideologi suatu Negara.

Berdasarkan penyaluran kehendak terbagi menjadi dua macam demokrasi yaitu sebagai berikut:

  1. Demokrasi Langsung, maksudnya dalam sistem ini semua warga Negara terlibat langsung serta memiliki hak dalam pengambilan keputusan oleh pemerintah.
  2. Demokrasi Tidak Langsung, maksudnya kekuasaan tertinggi tetap berada di tangan rakyat, tetapi melalui perwakilan.

Berdasarkan hubungan antar kelengkapan Negara terbagi menjadi empat:

  1. Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Referendum, maksudnya setiap warga Negara memiliki hak untuk memilih para wakil di parlemen dengan melalui pemungutan suara secara menyeluruh.
  2. Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Parlementer, dimana badan legislatif dan badan eksekutif memiliki hubungan yang erat. Pemerintah menjalankan program-program yang telah disetujui oleh badan perwakilan rakyat.
  3. Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Pemisahan Kekuasaan, maksudnya kedudukan badan legislatif dan badan eksekutif berada di tempat yang terpisah dan tidak berkaitan secara langsung.
  4. Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Referendum dan Inisiatif Rakyat, dimana sistem ini menggabungkan antara demokrasi perwakilan dengan demokrasi secara langsung. Sistem ini memiliki perwakila di parlemen akan tetapi tetap dikendalikan oleh rakyat melalui referendum.

Berdasarkan prinsip ideologi terbagi menjadi tiga macam demokrasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Demokrasi Liberal, dimana sistem demokrasi ini memberikan hak kebebasan berpendapat kepada rakyat.  
  2. Demkrasi Rakyat, dimana sistem demokrasi dijalankan sesuai dengan paham sosialis atau komunisme. Sistem ini mendahulukan kepentingan Negara dan kepentingan umum di atas kepentingan individu.
  3. Demokrasi Pancasila, adalah sebuah sistem dimana pemerintahan yang dijalankan dalam Negara didasarkan pada nilai-nilai dalam Pancasila dan berasaskan musyawarah mufakat yang mengutamakan kepentingan umum.  

Pelajaran: PPKN
Tingkat: SMA

Jelaskan Macam-Macam Demokrasi

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian demokrasi!
Demokrasi adalah salah satu sistem pemerintahan di dunia. Sistem pemerintahan ini dikenal karena menempatkan rakyat sebagai pemilik kekuasaan tertinggi. Salah satu slogan yang cukup terkenal dari sistem pemerintahan ini adalah "dari rakyat, untuk rakyat, dan demi rakyat".
Pada negara yang menerapkan sistem pemerintahan ini, suara atau kekuasaan rakyat diwakili oleh sebuah lembaga legislatif. Di Indonesia, lembaga legislatif terdiri atas tiga lembaga yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, serta Dewan Perwakilan Daerah.
Jelaskan pengertian demokrasi liberal!
Demokrasi liberal merupakan demokrasi berdasarkan atas hak individu suatu warga negara yang mencantumkan sebuah kebebasan setiap individunya..
Jelaskan pengertian demokrasi terpimpin!
Demokrasi terpimpin adalah sebuah sistem demokrasi dimana seluruh keputusan serta pemikiran berpusat dari pemimpin negara.
Jelaskan pengertian demokrasi pancasila!
Demokrasi pancasila merupakan demokrasi yang berdasarkan musyawarah dan mufakat yang mengutamakakan kepentingan umum. Demokrasi pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang berasal dari negara Indonesia.
Sebutkan contoh demokrasi di lingkungan sekolah!
1. Pemilihan organisasi sekolah dengan cara musyawarah
2. Pembagian tugas piket yang sama rata
3. komunikasi yang lancar antara guru, siswa, dan orang di lingkungan sekolah
4. sopan santun kepada guru-guru

Itulah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan Macam-Macam Demokrasi". Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah, atau kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Macam-Macam Demokrasi"